Laman

Senin, 21 Desember 2015

Bedanya Ilmu Komputer dan Teknik Informatika


 Kali ini pembahasannya non jejepangan dulu yaa.Sekali kali mau share yang bermanfaat jugadeh soalnya pengetahuan yg kita miliki ada baiknya di share agar ilmu itu terus mengalir kan? langsung ajaa caww.
Sesuai dengan jurusan gue *masih maba huhu* yaitu ilmu komputer atau bisa disebut Computer Science. Saya kuliah di salah satu perguruan tinggi di bandung, awalnya gue juga bingung apa bedanya sih ilmu komputer (ilkom) sama teknik informatika
. Kita lebih membahasnya ke Ilkom UI dan Teknik Informatika ITB ajaya biar kalian langsung ngerti juga soalnya ratarata tiap kampus yg memiliki jurusan IT sama aja prospek kerjanya. Pas pertama kali memprakarsai berdirinya fakultas yang mempelajari komputer di Indonesia, guru-guru besar UI belajar dan berkiblat ke US. Istilah di US adalah computer science (ilmu komputer). Di sisi lain, guru-guru
besar ITB, belajar dan berkiblat ke Eropa, khususnya Perancis. Istilah yang dipake di sana adalah informatics. Terus, kenapa di ITB namanya ga Informatika aja? Di ITB, prodi ini sengaja dinamai Teknik Informatika biar bisa masuk ke fakultas teknik (waktu itu). Nama ini terus dipake di ITB sampe sekarang. Dan kalo lo liatin kurikulumnya, prodi ini sekarang diberi kode IF (singkatan dari informatics) supaya ga bentrok dengan kode TI yang udah dipake prodi Teknik Industri di ITB. Tiap universitas atau sekolah tinggi emang punya wewenang untuk menamai prodi/jurusan yang mereka buka sesuai dengan kriteria, struktur, dan sistem yang ditentukan.

Namun, pada dasarnya, lulusan Ilkom (UI) dan TI (ITB) akan menggeluti bidang yang sama (infrastruktur dan arsitektur TI, pengembangan software, pengolahan informasi dan grafis, serta artificial intelligence). Ilmu yang dipelajari juga kurang lebih sama. Gue ga bisa bilang secara persis 100% sih, karena tiap universitas pasti punya formulasi kurikulumnya sendiri untuk memberikan corak atau karakter yang khas pada lulusannya.

Untuk lebih jelasnya, kita intip aja yuk kurikulum Teknik Informatika ITB. Seperti yang bisa lo amati, kurang lebih ruang lingkup yang dipelajari sama. Jurusan ini fokus membekali mahasiswanya dengan programming skill dan software development.

    Di Ilkom UI dan IF ITB, sama-sama belajar: Algoritma, Pemrograman, AI, Software Engineering, Database, OS, Jaringan Komputer, Matematika Diskret, Teori Bahasa & Automata, dll.
    Untuk Mata Kuliah Umum, Ilkom UI dan TI ITB sama-sama belajar: Statistika & Probabilitas, Aljabar Linier, Matematika, Fisika.
    Beberapa Mata Kuliah yang wajib di Ilkom UI, ngga wajib di IF ITB: Pemrograman Deklaratif, Pemrograman Sistem, Analisis Numerik
    Beberapa Mata Kuliah yang wajib di TI ITB, ngga wajib di Ilkom UI: Sistem Paralel dan Terdistribusi (jadi MatKul pilihan di Ilkom UI), Grafika Komputer (MatKul pilihan di Ilkom UI), Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MatKul pilihan di Ilkom UI), Interaksi Manusia & Komputer (MatKul pilihan di Ilkom UI), Sistem Informasi

Secara detil, pastilah ada perbedaan dalam formulasi kurikulum antara Ilkom UI dengan TI ITB. Tapi setelah lulus, mereka akan menggeluti dunia yang sama. Hanya saja, karakter lulusannya pasti punya corak masing-masing.


Apa Bedanya dengan Sistem Informasi (SI)?

Sistem Informasi merupakan salah satu prodi yang tergolong muda di UI. Pertama kali dibuka pada tahun 2007 oleh Fasilkom, prodi ini berfokus membekali mahasiswanya dengan ilmu manajemen teknologi informasi dan user behavior.

Lulusan Sistem Informasi diharapkan dapat menjembatani kerjaan orang “teknis” dengan klien atau user dari salah satu departemen di sebuah perusahaan. Misalnya, ada perusahaan klien yang ingin pasang sebuah sistem IT baru di organisasinya. Umumnya, klien itu ga tau persis mau dia apa atau tidak bisa mendefinisikan dengan baik apa kebutuhannya dari sebuah sistem (system requirement). Ranah kerja orang SI biasanya hadir untuk ngebaca kebutuhan klien. Untuk bisa memahami kebutuhan klien, anak SI butuh pengetahuan dari segi proses bisnis hingga manajemen resource atau sistem IT yang udah ada sebelumnya di perusahaan tersebut. Setelah tektok-tektokan dengan klien, orang SI akan menerjemahkannya ke bahasa teknis. Barulah system requirement ini direalisasikan oleh technical team (ranah kerja anak Ilkom) menjadi fitur-fitur pada sebuah software yang dipesen klien tadi.

Kalo software yang dipesan udah jadi, udah sukses di-install, ga berhenti sampai di situ aja. Orang SI kadang berperan banyak dalam mensosialisasikan sistem baru ini ke user2-user di perusahaan klien tersebut, membantu user beradaptasi dengan sistem baru, hingga mengadakan training. Tapi bukan berarti orang Ilkom dan SI bekerja secara terisolasi ya. Mereka pasti bekerja secara simultan dan beberapa kerjaan juga saling beririsan meski punya ranahnya masing-masing.

Walaupun fokus ke manajemen, bukan berarti anak SI ngga diajarin programming. Di prodi SI, lo bakal diajarin juga dasar-dasar pemrograman pada semester-semester awal, tapi ga terlalu dalam. Sebagai pihak yang menjembatani user dengan technical team, orang SI perlu tau juga dong teknisnya seperti apa. Karena belajar programming, anak SI juga bakal dibekali beberapa matkul berbau matematika.

Selama perkuliahan, anak SI dibekali mata kuliah yang khas SI banget, seperti Administrasi Bisnis, Manajemen, Customer Relationship Management, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Proyek TI, Pengembangan dan Pemasaran Produk, E-Commerce, Komunikasi Bisnis dan Teknis, Perilaku Organisasi, Manajemen Pengetahuan, Manajemen Sistem Informasi. Karena fokus prodinya udah beda, bidang peminatan prodi SI juga beda ya dengan Ilkom/TI. Lebih lengkapnya, lo bisa cek Kurikulum Sistem Informasi UI, hal 34 – 39.

Kalo lo tertarik dengan dunia Ilkom/TI tapi ngga mau terlalu dalam mengulik programming, terus juga suka dengan bisnis dan manajemen, mungkin jurusan Sistem Informasi lebih cocok buat lo.

ITB juga punya program studi serupa. Masih bernaung di bawah STEI, prodi ini dinamakan Sistem dan Teknologi Informasi dan baru dibuka sejak 2008. Cek kurikulum Sistem dan Teknologi Informasi ITB di sini.



Apa Bedanya Ilmu Komputer dengan Teknik Komputer?

Di UI sendiri, fakultas yang berhubungan dengan komputer ada 2, yaitu Fasilkom dan Fakultas Teknik (FT). Di Fasilkom, ada jurusan Ilkom dan Sistem Informasi. Di FT, ada jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering). Kenapa satu jurusan ini masuknya malah ke FT?

Banyak yang mengira kalo Teknik Komputer itu fokus ke hardware komputer. Ini cukup misleading. Lulusan Teknik Komputer nantinya BUKAN yang bikin komputer, smartphone, robot, dsb. Bukan itu yang mereka bikin. Di jurusan Teknik Komputer, lo akan mempelajari bagaimana bikin otak dari suatu alat elektronik. Semacam chip atau processor-nya. Mereka yang buat sistem canggih biar suatu barang elektronik bisa jalan.

Kalo lo beli laptop, tau kan istilah laptop kosongan? Yang belum diisi sistem operasi atau software-software lainnya itu lho. Walaupun belum bisa lo pake buat ngerjain tugas sekolah atau main game, tapi laptop itu udah bisa hidup dan jalan bukan? Nah, itu karena laptop udah dipasang otaknya, dan "otak" itulah yang dibuat oleh orang-orang teknik komputer. Sementara itu, kalo udah ada otaknya, barulah kita install software macem-macem. Pasang OS Windows 7, misalnya. MS Office, Skype, Photoshop, iTunes, Google Chrome, dll. Nah, siapa yang bikin software2 aplikatif itu? Yak, betul. Orang2 dari dunia computer science/IT.

Terus, siapa dong yang bikin hardware laptopnya? Itu adalah kombinasi mahakarya orang Elektro, Kelistrikan, Telekomunikasi, Teknik Material, sampe Fisika. Tapi, biasanya ilmu yang dipelajari di TekKom pun bisa lo temukan di bidang peminatan Elektronika pada prodi Teknik Elektro. Jadi, ngga jarang juga anak Teknik Elektro ngeprogram otak suatu barang elektronik. Alat elektronik itu kompleks. Lulusan-lulusan prodi tersebut bekerja sama dan emang kerjanya saling bersinggungan untuk menciptakan suatu alat elektronik.

Jadi, anak Teknik Komputer ngeprogram juga? Iya, tapi bukan pemrograman seperti anak Ilkom. Kalo anak Ilkom, ngoding, menghasilkan software aplikatif. Kalo anak Teknik Komputer, teknik ngodingnya itu lebih ke "bahasa" mesin. Kalo lo ulik lebih dalam Kurikulum Teknik Komputer UI, lo bisa liat banyak banget mata kuliah berbau teknik, elektronika, dan mesin. Kalo masalah gelar lulusan sarjana Ilkom yaitu S.Kom (Sarjana Ilmu Komputer)sedangkan lulusan sarjana Teknik Informatika yaitu ST (Sarjana Teknik). Pokoknya kita sebagai penerus bangsa tentunya yang menggeluti bidang IT kita harus mengembangkan skill kita biar ga kalah sama orang di luar negeri,kita buktikan bahwa kita juga bisa membuat teknologi yang canggih seperti halnya orang orang disana yaa walaupun ngoding itu ga gampang hiks:( tapi kalo terus berusaha pasti bisa kan? Doumo. [zenius.net]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar