Laman

Senin, 24 Oktober 2016

Budaya Tepat Waktu di Jepang


haii minna kita bertemu lagi:3 hmm akhir akhir ini saya memang jarang posting lagi hehe mohon maklum sibuk kuliah jadi mohon pengertiannya:(
seperti bahasan bahasan sebelumnya sering ngebahas tentang dorama dorama dan idol grup. Kali ini saya akan membahas sisi lain dari itu dan inipun juga penting ya bagi kita semua yaa pasti Indonesia negara tercinta ini sudah dikenal oleh mata dunia eaaa. Nah kurikulum di indonesia kan sangatlah padat tapi selain pelajarannya yg banyak dan pusing, ada attitude yg harus benar benar diterapkan. Ya salah satunya adalah TEPAT WAKTU. cekidott!!!


Pasti kita sudah tahu ya tentang Jepang, yaa yg terkenal anime, manga, dorama, idol grup dsb. Tapi skip dulu deh hiburannya kita bakal share info yg penting kali ini.
Pengertian waktu menurut pendapat orang dan situasi [dimana kita menunggu] sangat berbeda. Di telepon seseorang akan mengatakan [tunggulah beberapa menit]. Jika 3 menit terlewati. Orang yang menunggu selama 3 menit tersebut, merasa dirinya telah menunggu selama 9 menit. Dia merasa 9 menit menunggu karena menunggu bagaikan 3 kali lipat lebih lama dari waktu yang biasanya. Jika kamu tidak mengerti dan tidak mengatakan [maaf membuatmu menunggu], orang yang menunggumu tersebut akan kecewa. Secara alami, orang Jepang terhadap waktu dikatakan sangat kurang percaya diri. Walaupun begitu, sudah banyak jadwal kereta api di stasiun yang tepat dan akurat. Disisi lain keterangan waktu dalam kalimat bahasa Jepang masih banyak yang belum jelas. Misalnya kata-kata yang sering dipakai [Tolong tunggu sebentar][Secepatnya saya akan menelepon][Saya pikir dia segera datang].
Nah minna sebenernya ya orang orang Jepang itu bisa dibilang bener bener menghargai waktu banget. saking niatnya ya kalo mereka lagi nunggu di halte atau lagi di dalem bis mereka bener bener memanfaatkan dengan baik. contohnya, mereka membaca buku atau mendengarkan musik. tentu membawa dampak yg positif kan? dan misalnya ya kalau jadwal kereta tiba itu telat satu menit saja. Pasti masinis dan awak awak keretanya akan meminta maaf pada penumpangnya satu per satu. wow sugoi banget ya:3
kalo kita perhatiin pasti orang jepang kalo berjalan itu sangat cepat bahkan di eskalator pun dibedakan jalurnya loh. sebelah kiri untuk orang yg biasa saja alias tidak terburu buru dan sebelah kanan khusus untuk orang yg terburu buru.
sekarang akan saya bahas mengapa pentingnya disiplin waktu. anggep saja kita lagi di jepang tepatnya di Osaka ingin naik shinkansen ke Tokyo, waktu perjalanannya 2 jam 38 menit. kita memiliki tiket di hari rabu dengan jadwal keberangkatan pukul 10.15, nah tentunya kita harus sudah tiba di stasiun setengah jam lebih awal kan? daripada kita perginya mepet banget yg ada malah terburu buru kan? nah tentunya kita sering lihat banyak orang di jepang berlari lari mengejar kereta dan bis? karena kalo kita telat 1 menit atau 30 detik pun kereta akan langsung pergi. ya tentunya bakal rugi dong kalo yg datengnya 10.16 udah ketinggalan tuh kereta. makanya disiplin waktu pun sangatlah penting.
coba kalo di indonesia, janjian jam 10 eh dateng dateng jam 11. ya pasti kalo orang yg hobinya tepat waktu justru bakal kesel kan kalo orang yg diajak janjiannya ngaret? dan masalah disiplin waktu juga bisa memengaruhi lancar atau tidaknya rundown acara tersebut, mau bukti? misalnya akan diadakan rapat bisnis cosplay sudah diagendakan dimulai pukul 11 dan tentunya acaranya sudah terstruktur dengan baik tetapiii kalo banyak orang yg telat datengnya tentu bahasan yg sudah dibahas akan dibahas lagi kan ? dan itu sama saja mengulur waktu dan otomatis jadwal untuk beres rapatnya jadi bertambah lama dan bisa saja tidak selesai alias ditunda.
oke minna sudah paham kan? pentingnya tepat waktu itu seperti apa. kalo kita mengikuti jepang dalam disiplin waktu bisa saja negeri ini berkembang dengan baik. ohiya satu lagi, pentingnya juga budaya mengantri karena itu juga melatih kesabaran dan disiplin waktu. kaya misalnya nih kita ingin ada di antrian paling depan tentu harus datang lebih awal kan agar tidak terlalu ikut mengantri? okeey jadi itulah sekilas tentang pentingnya budaya tepat waktu, semoga minna kalo janjian gapernah telat lagi yaaa ><

Tidak ada komentar:

Posting Komentar